Quality Control Circle adalah sejumlah karyawan terdiri dari 3-7 orang dengan pekerjaan yang sejenis yang bertemu secara berkala untuk membahas dan memecahkan masalah-masalah pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu usaha dengan menggunakan perangkat kendali mutu (8 langkah & 7 tools).
Keunggulan perusahaan dalam hal kualitas, salah satunya melalui penerapan PDCA Ciyle di segenap bagian perusahaan. Tim PDCA seringkali disebut Quality Control Circle (QCC) atau Gugus Kendali Mutu (GKM), yang merupakan sekelompok karyawan yang secara proaktif membahas dan memecahkan masalah-masalah dalam pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu usaha. Pada pelaksanaanya perlu adanya fasilitator (pemandu) atau atasan langsung.
Karena fasilitator atau atasan langsung sangat menentukan keberhasilan implementasi PDCA Cycle di dalam perusahaan, maka ia harus disiapkan dengan pengetahuan yang mendasar baik tentang konsep Total Quality Management (TQM) maupun perangkat kendali mutu dan peran-peran fasilitator
SASARAN PROGRAM
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu :
- Memahami konsep Quality Control Circle
- Mengembangkan program Quality Control Circle di perusahaan
- Mengidentifikasi dan menyeleksai tema prioritas untuk QCC
- Membangun budaya improvement di perusahaan
GARIS BESAR PROGRAM :
1. Konsep Total Quality Management & QCC
- Ruang lingkup QCC dan penerapannya
- Membentuk dan memimpin TIM QCC
2. Proses Pemecahan Masalah (Daur PDCA)
- Analisa masalah yang layak di jadikan tema QCC
- Menganalisa data untuk mendapatkan baseline prioritas dan critical to process (CTP)
- Menganalisa akar penyebab untuk mengidentifikasi faktor penyebab kritis
- Menyusun rencana perbaikan yang smart
- Melakukan perbaikan seseuai prinsip : Low cost, low effort, low risk, dan high impact
- Memastikan hasil perbaikan efektif dan mengukur dampak dari perbaikan yang dilakukan
- Menstandarkan aktivitas perbaikan
3. Aplikasi Tool Pengendalian Kualitas
- 1. Stratifikasi;
- 2. Lembar Data;
- 3. Grafik;
- 4. Diagram Pareto;
- 5. Histogram;
- 6. Diagram Tulang Ikan;
- 7. Scatter Diagram
4. Faciliation dan Penerapan QCC
- Teknik membuat risalah/laporan QCC
- Mengelola meeting QCC
- Teknik braistorming yang positif dan konsusif
- Creative & innovative Thinking
5. Teknik Presentasi & Audit QCC
- Persiapan audit QCC
- Kriteria penilaian QCC
- Konvensi QCC
PESERTA
- General Manger
- Manajer,
- Assistant Manager,
- Supervisor,
- Staff,
TRAINING METHOD :
- Lecturing.
- Ice Breaking.
- Case Study and Discussion.
- Presentation Results Discussion.
- Role Play and Simulation.
DURASI
Dua hari
Informasi dan Pendaftaran :
KAIZEN CONSULTING
PATRA Office Tower, 17th Floor, Suite 1704
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav 32-34, Jakarta-12950.
Telp : 085106364040
Faks : 021-88330050,
Email : consultingkaizen@cbn.net.id
Website : www.kaizenconsulting.co.id