Centre of Operational Excellence
   0851 0636 4040 / 021 88330050
Analysis and Dashboard Reporting with MICROSOFT Excel

Database Analysis and Dashboard Reporting with MICROSOFT Excel

: 11 – 12  Februari 2020
: Jakarta

BACKGROUND

Seiring dengan pertumbuhan bisnis suatu organisasi dapat menyebabkan peningkatan jumlah database dan kompleksitas dalam data processing and reporting-nya untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat yang disesuaikan berdasarkan kondisi  kekinian lingkungan organisasi bisnis tersebut, di mana  sumber datanya berasal dari data Clouds atau Web, import file text dari data server dan lain-lain.

Untuk mendapatkan informasi tersebut harus ada peningkatan skill karyawan yang terlibat dalam data processing tersebut. Jika karyawan tersebut sebelumnya sudah pernah menggunakan aplikasi Excel 2007 atau Excel 2010 sudah pada level advance tapi permasalahan tersebut belum sepenuhnya bisa teratasi, maka sudah saatnya karyawan tersebut di-upgrade kemampuannya dengan  menggunakan aplikasi Excel 2013 atau Excel 2016 dengan tools baru yang sangat mumpuni untuk melakukan data processing and reporting tersebut yaitu POWER PIVOT.

Selain itu juga, di Excel 2013 / 2016 sudah terdapat tool Data Analysis yang powerful yaitu Solver, di mana dalam kondisi default-nya Excel, tidak ditampilkan. Dengan tool Solver, Anda bisa menganalisa data yang mempunyai batasan-batasan masalah yang kompleks agar dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat dengan cara yang mudah.

Pelatihan ini juga memberikan fundamental skill pada peserta training bagaimana membuat report dengan model dashboard yang dinamis berikut dengan table data summary-nya, di mana tampilan graphic-nya sudah mempunyai trend line dan dapat berinteraksi dengan usernya untuk memberikan summary data analysis sehingga dapat membantu pimpinan organisasi dalam pengambilan keputusan bisnisnya hanya dengan menekan satu tombol saja.

Pelatihan ini menggunakan metode Terangkan – Tunjukkan – Lakukan, karena dengan metode ini pelatihan seberat apapun akan terasa ringan, karena peserta training akan mengenal subyek pelatihan secara jelas, karena langsung diterangkan dan ditunjukkan oleh ahlinya dalam praktek dan juga akan diajak untuk langsung melakukannya bersama-sama.

 

OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Dapat meng-akses sumber – sumber data,  baik untuk data internal ( server atau file text hasil import ) ataupun external ( Cloud Data atau Web Data ).
  2. Menguasai teknik pemberian warna pada sel data secara otomatis melalui formula yang dibuat berdasarkan kebutuhan untuk mempermudah pembacaan analisa data.
  3. Membuat berbagai kasus analisa data dengan menggunakan berbagai fungsi logika dan operator logika di Excel.
  4. Menguasai penggunaan tool POWERPIVOT untuk membuat database summary report yang dinamis dan interaktif di mana sumber data-nya, bukan hanya dari satu sheet data, atau dari satu file Excel saja, tapi dari beberapa file data yang format datanya berbeda-beda.
  5. Menguasai penggunaan tool Solver untuk menganalisa data yang mempunyai batasan-batasan masalah yang kompleks agar dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat dengan cara yang mudah.
  6. Menguasai pembuatan report dengan model dashboard yang dinamis berikut dengan table data summary-nya, di mana tampilan graphic-nya sudah mempunyai trend line dan dapat berinteraksi dengan usernya dalam memberikan summary data analysis hanya dengan menekan satu tombol saja.

 

SYLLABUS

  1. Using of internal or external database.
  2. Using advance conditional formatting .
  3. Start the Power Pivot in Microsoft Excel 2013 add-in
  4. Add Data to PowerPivot Work book from multiple data sources :
    • Add Data from Multiple Text Files
    • Add Data from Multiple Excel Files
    • Add Data from Multiple Excel Files and Text Files
  5. Save Power Pivot Workbook
  6. Create Relationships Between Tables
  7. Create a Calculated Column
  8. Create a PivotTable from PowerPivot Data
  9. Create a PivotChart from PowerPivot Data
  10. Add Slicers to PivotTables
  11. Add Slicers to PivotChart
  12. Save the resulting Excel spreadsheet.
  13. Create of Name Cell for Automation Data Processing
  14. Using tab menu Formula with icon menu Name Manager
  15. Using Advance Conditional Formatting
  16. Using VLOOKUP() Function
  17.     Using INDEX() Function
  18. Using MATCH() Function
  19. Using IF() Logical Function.
  20. Using AND Logical Operator Function.
  21. Using OR Logical Operator Function.
  22. Using IFERROR() Function.
  23. Install the solver tool into Excel
  24. Make data analysis using the Solver tool
  25. Make Dynamic Dashboard with PivotChart – Trend Line – Slicers
  26. Activate the Developer Tab Menu in Excel
  27. Make and Running a Dynamic Dashboard With Combo Box Control :
  28. Understanding of raw data dashboard
  29. Make of Dashboard Data Processing
  30. Design and Setting Value of Format Control Combo Box
  31. Running a Dynamic Dashboard With Combo Box Control : 

AUDIENCE TARGET

Intermediate Level : Staff dan Leader yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel.

TRAINING METHOD

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan
Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

INVESTASI

  • Rp. 4.500.000,- per peserta (Normal)
  • Rp. 3.750.000,- (Early Bird) bagi yang Pelunasan 3 HARI sebelum pelaksanaan
  • Gratis orang ke 4, untuk pendaftaran 3 orang dari satu perusahaan
  • Fasilitas Training: Modul Training yang berkualitas (hardcopy dan softcopy), Training Kit, Souvenir, Tempat training yg nyaman di hotel berbintang, Makan Siang, coffee / tea break, Sertifikat, & Foto bersama seluruh peserta.

INSTRUKTUR  

Tim Konsultan dari KGS CONSULTING

Profesional Konsultan yang telah berpengalaman sebagai praktisi industri dan konsultan manajemen, serta telah membantu banyak perusahaan nasional maupun multinasional, dalam bidang strategi manajemen, peningkatan produktivitas dan kualitas, leadership & people management, material dan suply chain management

Informasi dan Pendaftaran :

KGS CONSULTING

PATRA Office Tower, 17th Floor, Suite 1704

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav 32-34, Jakarta-12950.

Telp : 021-88330050, 085106364040 ; Faks : 02188330050,

Email : kgsconsulting@cbn.net.id

www.kaizenconsulting.co.id

Berlangganan

Masukan alamat email anda disini untuk mendapatkan E-book gratis, Artikel manajemen industri, dan informasi training dari Kaizen Consulting

Blog Stats

  • 170,397 hits

FORM PENDAFTARAN TRAINING

  • Nama Peserta

 

Verification

Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Klik disini
Powered by
%d bloggers like this: