EFFECTIVE PERFORMANCE APPRAISAL (PENILAIAN KARYAWAN UNTUK MENDAPATKAN KINERJA TERBAIK) – Manajemen Kinerja Perusahaan merupakan suatu proses yang dirancang untuk menghubungkan tujuan organisasi / perusahaan dengan tujuan individu sedemikian rupa, sehingga kedua tujuan dapat selaras dalam mencapai sasaran masing – masing secara bersama – sama didalam perusahaan / organisasi sebagai penunjang dari kegiatan usaha perusahaan.
Sejalan dengan fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengawasan, maka saat ini kebutuhan penilaian staf secara efektif merupakan alat bagi pimpinan ( supervisor dan manajer ) untuk membantu dalam pengelolaan secara efektif sumber daya manusia untuk memenuhi tanggung jawab. Sistim penilaian karyawan perusahaan perlu dikelola dengan baik dan benar agar pelaksanaan kegiatan penilaian karyawan dapat dilakukan secara efektif dan efisien sejalan dengan kebijakan perusahaan.
Sasaran Program
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :
- Memahami sistimatika penilaian kinerja karyawan di Perusahaan
- Mengerti akan manfaat penilaian kinerja bagi pekerja, penilai dan perusahaan
- Mengetahui proses pelaksanaan penilaian kinerja secara baik dan benar di Perusahaam
- Mengetahui bagaimana memberikan umpan balik,
- Mempersiapkan sasaran kerja, dan memotivasi pekerja yang di supervise
- Mengerti dan memahami tujuan utama dari manajemen kinerja perusahaan.
- Meningkatkan keterampilan dan produktivitas kerja karyawan di perusahaan agar menjadi efektif dan effisien.
- Memberikan kesempatan karyawan untuk memeroleh kinerja terbaik dalam upanya menunjang aktivitas operasional perusahaan.
GARIS BESAR PROGRAM :
- GAMBARAN UMUM MANAJEMEN KINERJA
- Pengertian dan Proses Manajemen Kinerja
- Prinsip – Prinsip dan Ciri Manajemen Kinerja Berhasil
- SISTIM PENILAIAN KINERJA
- Pengertian Penilaian Kinerja
- Unsur dan Metode Sistim Penilaian Kinerja
- Sistimatika Penilaian Kinerja
- Tantangan dan Manfaat Penilaian Kinerja
- PENYUSUNAN SASARAN ( SMART )
- Pengertian Sasaran
- Prinsip Dasar dan Faktor Kunci Penyusunan Sasaran
- Menetapkan Tolok Ukur dan Sasaran Kerja Individu
- MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELATIHAN
- Pengertian Pelatihan dan Pengembangan
- Tujuan Pelatihan dan Pengembangan
- Teknik dan Proses Pelatihan dan Pengembangan
- Mengidentifikasi Kebutuhan Pelatihan
- MEMPERSIAPKAN WAWANCARA PENILAIAN
- Persiapkan Diri Anda dan Mempersiapkan Ternilai
- Mempersiapkan Waktu dan Tempat
- Membuat Struktur Wawancara
- MEMBUKA WAWANCARA PENILAIAN KINERJA
- Pastikan Ternilai Mengerti Maksud Pertemuan
- Membuka Pembicaraan Secara Relaks
- Pastikan Ternilai Memahami Sistim Penilaian
- Masuk Pembicaraan Pokok
- BERKOMUNKASI DAN MENDENGARKAN
- Arti dan Makna Komunikasi, serta Prinsip Berkomunikasi
- Tujuan dan Harapan Berkomunikasi
- Komunkasi Efektif dan Mendengarkan dengan Empati
- TEKNIK BERTANYA
- Inti Teknik Wawancara
- Pertanyaan Tertutup
- Pertanyaan Terbuka
- MEMBERIKAN UMPAN BALIK EFEKTIF
- Monitor Prestasi Kerja
- Faktor Kunci dan Level Umpan Balik
- Memberi Penilaian Kinerja Efektif
- Umpan Balik Motivasi dan Memberi Kritikan Konstruktif
- MENETAPKAN PRIORITAS
- Manajemen Waktu dan Menetapkan Prioritas
- Mempersiapkan Alokasi Waktu
- Meningkatkan Efisiensi
- MENUTUP WAWANCARA PENILAIAN
- Ternilai Menerima Hasil Pertemuan
- Ternilai Komitmen
- Mengakhiri Pertemuan Penilaian Kinerja
- Tindak Lanjut
Target Peserta
- Manajer / Supervisor dan Staf Senior bagian SDM yang ingin mendalami masalah penilaian kinerja karyawan sebagai bagian dari tanggung jawab tugas pekerjaan di perusahaan.
- Manajer/Supervisor dan Staf Senior bagian lain yang terlibat dalam memimpin dan mengelola anggota tim kerja di perusahaan.
Metode Pelatihan :
Presentasi materi, contoh penerapan, sutyd kasus, latihan, dan evaluasi
Jadwal :
Tanggal : 9 & 10 Maret 2015
09:00 AM – 04:30 PM
Tempat :
Hotel Harris / Hotel Ibis / Hotel Peninsula – Jakarta
Biaya :
- Rp. 3.750.000,- per peserta, termasuk bahan pelatihan, sertifikat (75% kehadiran), makan siang dan rehat kopi.
- Biaya paket untuk pengiriman 3 orang dari satu perusahaan Rp. 10.500.000,-
- Jika mengirimkan 4 peserta, GRATIS orang ke 5.
Instruktur :
Tim Konsultan dari Kaizen Consulting
Profesional Konsultan yang telah berpengalaman sebagai praktisi industri dan konsultan manajemen, serta telah membantu banyak perusahaan nasional maupun multinasional, dalam bidang Human Resources Management, General Affair Management, Finance & Administration Management, Outsourcing & Employee Management.
Informasi dan Pendaftaran :
KAIZEN CONSULTING
PATRA Office Tower, 17th Floor, Suite 1704
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav 32-34, Jakarta-12950.
Telp : 021-70596451 / 71364040 / 71058172
Faks : 021-88330050,
Email : consultingkaizen@cbn.net.id
Website : www.kaizenconsulting.co.id