Centre of Operational Excellence
   0851 0636 4040 / 021 88330050

IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA MELALUI 5R DI RS. ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

TRAINING 5S RSO SOLO1

TRAINING 5S RSO SOLO1TRAINING 5R/5S – Dalam rangka meningkatkan pengelolaan produktivitas kerja dan terciptanya budaya kerja yang efisien dan efektif, RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta menyelenggrakan Pelatihan Implementasi 5R di Lingkungan RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta dari 19 September 2016 sampai 29 November 2016. 5R adalah singkatan dari Ringkas, Resik, Rapi, Rawat, Rajin. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini dalam rangka mengatur lingkungan kerja agar karyawan dapat bekerja lebih produktif.

Dalam sambutannya, Direktur Utama RS Ortopedi Soeharso Surakarta, dr. Pamudji Utomo, SpOT (K) menyampaikan : “bahwa dengan mengikuti Program Penerapan 5R ini diharapkan setiap satuan kerja dapat dibenahi, sebagaimana yang disampaikan narasumber, kita diharapkan berperilaku efisien dengan menjadi agen perubahan 5R dan menularkan ke karyawan yang lain sehingga diharapkan produktivitas kita mengalami peningkatan. Dengan mengimplementasikan 5R ini pula akan tercipta budaya kerja yang efisien dan efektif dalam segala hal”.

TRAINING 5S RSO SOLO2.Bekerjasama dengan KGS CONSULTING, selaku narasumber sekaligus Konsultan Pembina, Bp. Dudung Duhara, ST., MT., MPM. membagi peserta menjadi 6 kelompok kerja untuk survey lapangan dan melihat permasalahan yang terjadi di tiap-tiap satuan kerja untuk kemudian dipresentasikan hasilnya demi mendapatkan solusi.

Dalam Training ( Pelatihan ) 5S / 5R dijelaskan pula mengenai pengertian 5R ini adalah Ringkas yaitu pemilahan, simpan yang perlu dan buang yang tidak perlu, Rapi yaitu tertata dan teridentifikasi sehingga mudah ditemukan, mudah diambil dan mudah dikontrol. Resik adalah bersih dari debu, kotoran dan semacamnya. Rawat yaitu menjaga penerapan ringkas, rapi dan resik. Rajin merupakan pembiasaan sikap dalam ringkas, rapi, resik dan rawat untuk menciptakan budaya kerja.

Pada akhirnya, dengan pelatihan ini diharapkan para peserta nantinya segera membentuk Komite/Panitia/Tim 5R yang dapat menghantarkan perubahan budaya kerja di tempat kerja yang outputnya efisien dan efektif di segala bidang.

 

Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Klik disini
Powered by
%d bloggers like this: