Centre of Operational Excellence
   0851 0636 4040 / 021 88330050

PELATIHAN QCC

training_pelatihan_qcc

Peningkatan Kualitas Produk Melalui Penerapan Quality Control Circle (QCC) di PT. Mushasi Autopart Indonesia

training_pelatihan_qcc 

PT Musashi Autopart Indonesia merupakan produsen sparepart otomotif roda dua dan roda empat, seperti Cam Shaft, Transmisi, Kick Starter, dll. Perusahaan ini tergabung dalam perusahaan Astra Group. Di Indonesia, PT. Mushasi Autopart Indonesia memiliki ada dua pabrik besar, yaitu berlokasi di kawasan EJIP Cikarang dan yang berlokasi Kawasan Industri Surya Cipta Karawang.

 

Sejalan dengan berjalannya waktu, tuntutan pelanggan semakin meningkat. Perusahaan harus beroperasi semakin efisien dan produktivitasnya harus meningkat. Untuk itu, perusahaan mau tidak mau harus senantiasa melakukan improvement, baik yang sifatnya innovatif maupun Continuous Improvement (perbaikan kecil yang dilakukan terus menerus

 

Salah satu bentuk gerakan Continuous Improvement ini adalah Quality Control Circle (QCC) atau aktivitas kelompok kecil sebagai salah satu strategi penerapan Total Quality Management untuk meningkatkan produktivitas dan mutu para pelaksana di tempat kerja. Untuk penerapan QCC di perusahaan, diperlukan Facilitator yang memiliki skill dalam memfasilitasi kegiatan perbaikan serta mengembangkan kreatifitas karyawan.

Oleh karena itu para Facilitator QCC harus dibekali dengan pengetahuan yang mendasar baik tentang konsep Total Quality Management (TQM), bagaimana membentuk QCC dan mengembangkan infrastruktur yang menunjang kesuksesan QCC, di samping ketrampilan pemecahan masalah dengan DELTA (Delapan langkah tujuh alat dan Teknik Fasilitasi QCC).

Pada tanggal 29 – 30 Maret 2017, Manajemen PT. Mushasi Autopart Indonesia dan KGS CONSULTING, melaksanakan pelatihan Quality Control Circle (QCC), dengan Fasilitator berpengalaman yang telah membantu banyak perusahaan baik nasional maupun multi nasional dalam penerapan QCC di perusahaan, yaitu  Bapak Dudung Duhara, ST., MT., MPM.

 

Dalam pelatihan ini, poin-poin yang dipelajari sebagai berikut :

  • Konsep Total Quality Management & QCC
  • Membentuk dan memimpin TIM QCC
  • Proses Pemecahan Masalah (Daur PDCA) dan 7 QC Tools
  • Analisa masalah yang layak di jadikan tema QCC
  • Menganalisa data untuk mendapatkan baseline prioritas dan critical to process (CTP)
  • Menganalisa akar penyebab untuk mengidentifikasi faktor penyebab kritis
  • Menyusun rencana perbaikan yang smart
  • Melakukan perbaikan seseuai prinsip : Low cost, low effort, low risk, dan high impact
  • Memastikan hasil perbaikan efektif dan mengukur dampak dari perbaikan yang dilakukan
  • Menstandarkan aktivitas perbaikan
  • Teknik Presentasi & Peranan Fasilitator PDCA
  • Latihan memecahkan masalah dengan menggunakan DELTA
Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Klik disini
Powered by
%d bloggers like this: